Ikuti Nyantri, Siswa MTsN 5 Kulon Progo Belajar Kecakapan Hidup Jadi Barista
- Sabtu, 18 Januari 2025
- Administrator
- 0 komentar
- Dilihat 239 kali

Kulon Progo (MTsN5KP) – Program Nyantri (Nyinau Agama Terintegrasi) MTsN 5 Kulon Progo kembali memberikan pengalaman berharga bagi para siswanya. Kali ini, giliran siswa kelas 8A dan sebagian kelas 8B kelompok putra yang diajak untuk belajar tentang kecakapan hidup di luar ruang kelas.
Pada Sabtu (18/01/2025) pagi, para siswa diajak untuk mengenal lebih dekat dunia perkopian. Mereka mengunjungi Ashabul Coffee Warung Kopi Mbak Mar untuk belajar langsung dari ahlinya. Mulai dari proses pembuatan kopi, hingga cara menyajikannya seperti seorang barista profesional, semua dipelajari secara langsung.
"Program Nyantri ini tidak hanya mengajarkan ilmu agama, tetapi juga memberikan bekal keterampilan hidup yang sangat berguna bagi siswa di masa depan," ujar Asnah Al Amien, S.Ag., M.S.I., Kepala Madrasah MTsN 5 Kulon Progo. "Dengan belajar menjadi barista, siswa tidak hanya belajar tentang kopi, tetapi juga tentang etos kerja, kreativitas, dan bagaimana cara berinteraksi dengan pelanggan," ungkapnya.
Pengalaman belajar menjadi barista ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para siswa. Mereka terlihat sangat menikmati proses belajar sambil praktik langsung. Harapannya, kegiatan ini dapat menginspirasi siswa untuk terus mengembangkan potensi diri dan menjadi generasi muda yang kreatif dan mandiri. (mjp)
Artikel Terkait

9 Siswa MTs N 5 Kulon Progo Ikuti Lomba Amazing Race dan Jingle Dance di Candi Banyunibo
Senin, 25 Agustus 2025

MTsN 5 Kulon Progo dan Pesantren Da’watul Islamiyah Teken MoU Pendidikan Terintegrasi
Rabu, 20 Agustus 2025

Drumband MTsN 5 Kulon Progo Sukses Kawal Prosesi Pengibaran dan Penurunan Bendera HUT ke-80 RI
Selasa, 19 Agustus 2025

Wujud Dedikasi Panjang, Kepala MTsN 5 Kulon Progo Raih Penghargaan Lencana Panca Warsa 1
Jum'at, 15 Agustus 2025

Kolaborasi dan Gotong Royong Warnai Peringatan Hari Pramuka ke-64 di MTsN 5 Kulon Progo
Kamis, 14 Agustus 2025