• MTS NEGERI 5 KULON PROGO
  • Ikhlas Beramal

Profil

Desa Sidoharjo adalah sebuah desa yang berada di Perbukitan Menoreh, dengan 18 pedukuhan, yang berada di perbatasan Kedu ( Magelang-Jawa Tengah) dan Kecamatan Kalibawang.

MTsN 5 Kulon Progo terletak pada posisi strategis karena berdekatan dengan pusat Pemerintahan Desa Sidoharjo ( +600 m), dan terdapat beberapa SD yang dekat dari MTs Negeri 5 Kulon progo, seperti SDN Madigondo-Wonogiri, SDN Madigondo Wetan, SD Muhammadiyah Munggung Wetan, SDN Sidoharjo, SDN Sulur, SDN Purwoharjo, SDN Tukharjo, SDN Suroloyo, SD Majaksingi-Borobudur , MIN Bangun Rejo-Purwoharjo, SDN Ngargosari, SDN Samigaluh 1, SDN Samigaluh2, SD N Totogan, MI Maarif Petet, SD Bendo, SD N Menggermalang, SDN Kemiriombo, SD IT Ibnu Abas 3,  SD N Candirejo dan masih ada beberapa SD/MI dari luar daerah samigaluh

MTs Negeri 5 Kulon progo sebagai agent of change for education berupaya untuk mendidik siswa yang memiliki kualitas akademis memadai, berkepribadian Muslim secara utuh serta memberikan bekal kecakapan hidup (life skill), pada masyarakat Desa Sidoharjo dan sekitarnya dengan mensinergiskan SD/MI di sekitarnya dengan MTs, untuk bahu-membahu dalam membangun masyarakat sehingga sumber daya manusia Desa Sidoharjo dan sekitarnya dapat meningkat.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kulon Progo berdiri tanggal 1 Juli 1983. Berdirinya diprakarsai oleh pejabat, tokoh agama (ulama) dan tokoh masyarakat setempat, yang didorong oleh semangat Islam yang tinggi, guna menumbuhkan generasi Islam melalui jalur pendidikan formal.

Pada awalnya Madrasah ini berstatus swasta dan berlangsung sampai dengan tahun 1987. Pada tanggal 19 Maret 1987 Madrasah berubah status menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Filial Donomulyo dengan SK. No. 20/E/1987. Pada tanggal 15 Oktober 1993 Madrasah ini berubah status lagi menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoharjo dengan SK Menteri Agama RI No. 244 tahun 1993.

Sesuai keputusan menteri agama No 372 tahun 2015 tanggal 18 November 2015, Nama Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoharjo berganti nama menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kulon Progo

Dalam perkembangan selanjutnya, Madrasah ini terus menata diri sehingga dari waktu ke waktu terlihat peningkatannya, baik dari sisi manajemen pengelolaan, sarana prasarana maupun kuantitas dan kualitas) peserta didiknya.

Tahun 2018 Madrasah ini memiliki 9 ruang kelas , ruang laboratorium IPA, ruang Komputer, ruang perpustakaan, ruang keterampilan, ruang UKS, BK, mushola,dan fasilitas  akses internet. Pada bagian  Teknologi  Informasi MTs Negeri 5 Kulon progo telah memiliki website yaitu www.mtsn-sidoharjo.sch.id dan emailnya mtsn_sidoharjo@yahoo.co.id. Pada tahun 2017/2018 Madrasah ini mengujikan 60 siswa dan Alhamdulillah bisa lulus 100%.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

Visi Madrasah Mewujudkan generasi islami, berprestasi dalam imtaq dan iptek, berbudaya dan berwawasan lingkungan Indikator-indikatornya adalah sebagai berikut: Menjadikan nilai-nilai

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 228 kali